Resensi Buku: Mimpi Sejuta Dolar



Inspirasi dari Miliarder Muda Indonesia

Kita semua tentu menyadari bahwa mewujudkan mimpi besar tidaklah semudah memiliki mimpi itu sendiri. Ada banyak tantangan dan hambatan yang selalu siap menghadang langkah kita menuju mimpi besar tersebut. Tidak sedikit orang yang menyerah di tengah jalan karena begitu hebatnya hambatan yang harus dilewati. Namun, ketika tantangan dan hambatan itu berhasil diatasi, ternyata hasil yang diperoleh begitu manis.

Alkisah, ada seorang wanita Indonesia yang begitu keras memperjuangkan mimpinya di negeri orang. Perjuangannya begitu hebat, dan semua itu dilakukan demi satu tujuan besar, yakni meraih kebebasan finansial sebelum berusia 30 tahun. Setelah berhasil melewati masa-masa hidup yang begitu sulit, ia pun mampu meraih kesuksesan yang luar biasa pada usia yang masih muda. Dialah Merry Riana, miliarder yang berhasil meraih penghasilan sebesar 1 juta dolar pada usia 26 tahun.

Pengalaman Merry dalam mengatasi tantangan hidup sungguh panjang dan mengesankan. Kisah hidupnya itu kemudian dituangkan ke dalam buku “Mimpi Sejuta Dolar”, dengan harapan bisa memotivasi dan menginspirasi banyak orang agar lebih semangat dalam mengejar mimpi masing-masing. Buku ini ditulis oleh Alberthiene Endah, penulis yang memang sudah beberapa kali menulis buku biografi tokoh-tokoh terkenal di Indonesia.

Merry berkisah, tidak pernah terbayangkan sebelumnya bahwa dia harus menghadapi masa-masa kuliah yang begitu berat. Kerusuhan Mei 1998 menyisakan duka yang mendalam bagi warga keturunan, tak terkecuali keluarga Merry. Kedua orangtuanya pun merasa perlu mengirim Merry ke Singapura untuk kuliah karena kondisi dalam negeri dirasa kurang kondusif. Bagaimanakah cara membayar biaya kuliah di luar negeri di tengah kondisi keuangan keluarga yang sedang terpuruk? Ternyata ada cara. Merry mengikuti program utang pendidikan dari pemerintah Singapura. Setelah lulus kuliah, utang tersebut wajib dibayar.

Membaca buku ini layaknya membaca novel drama, begitu asyik dan enak dibaca. Alberthiene Endah selaku penulis berhasil melukiskan titik-titik penting nan dramatis dari perjuangan hidup Merry dengan begitu apik. Beberapa di antaranya adalah cerita ketika hampir setiap hari Merry menyantap mi instan, mengisi perut sekadarnya dengan roti, memesan menu makan siang yang paling murah, serta minum air putih sebanyak-banyaknya untuk mengatasi lapar di malam hari. Semua itu Merry lakukan untuk berhemat, sebab ia dituntut untuk bisa bertahan hidup dengan uang 10 dolar seminggu. Sungguh perjuangan yang luar biasa, sebab ia harus melakukan penghematan itu di tengah beratnya proses perkuliahan di kampusnya, Nanyang Technology University.

Buku ini sungguh cocok dibaca oleh siapa pun yang haus akan bacaan-bacaan motivasi. Kisah nyata Merry yang telah berjuang mati-matian dalam meraih mimpinya dengan menjaga etos kerja dan disiplin yang ketat merupakan inspirasi yang penuh makna. Kita pun merasa terdorong untuk berani bermimpi besar, lalu memperjuangkannya sekuat tenaga. Karena, Merry telah membuktikan, mimpi besar bukanlah hal yang mustahil untuk diraih, asalkan kita pantang menyerah dan senantiasa menyertakan Tuhan dalam setiap usaha keras yang kita lakukan.


Judul : Mimpi Sejuta Dolar
Penulis : Alberthiene Endah
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Cetakan : I, 2011
Tebal : xiv + 368 halaman
Harga : Rp63.000



 
....